Pages

Sabtu, 05 November 2011

5 tips sebelum berhenti kerja


Halo agan2 sekalian. ane mau share beberapa tips waktu ane mau keluar dari pekerjaan.
Awalnya, agan pasti rela melakukan pekerjaan agan karena agan mencintai apa yang agan kerjakan. Terlebih itu adalah pekerjaan (dream job) yang agan impikan jauh sebelum saat ini. Namun sesuatu telah berubah, yang membuat agan merasa tidak betah, kehilangan passion di tempat kerja yang agan impikan itu, yang dapat disebabkan oleh banyak faktor, sehingga agan akhirnya berpikir untuk berhenti dari pekerjaan ini dan beralih ke pekerjaan yang lain.

Namun ini sebenarnya tidaklah pernah mudah. Tidak mudah untuk meninggalkan apa yang agan suka dan agan cintai, dan berpindah ke lain hal dimana agan belum tau pasti bagaimana jadinya. Adalah sangat sulit untuk meninggalkan apa yang agan cintai, kemudian berharap menjadi percaya diri dan menjadi tenang. Berhenti dari pekerjaan agan sekarang (walau itu keputusan mudah atau tidak) tidak pernah mengasyikan. Umumnya agan keluar karena 2 hal :

1. agan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan berharap untuk dapat meningkatkan karier di kemudian hari. agan menjadi begitu bersemangat, namun juga menjadi ragu dan tidak percaya diri terhadap keputusan yang agan buat. Bagaimana jika perusahaan yang lama lebih baik dari perusahaan yang baru?

2. agan sudah muak dengan boss atau rekan kerja agan, dan membenci pekerjaan agan sekarang. Dalam situasi ini, agan tidak bisa menunggu lagi untuk keluar dari tempat itu. agan menjadi bersemangat namun juga menjadi tidak percaya diri tentang apa yang akan terjadi berikutnya. Bagaimana bila agan tidak bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang sama dengan sekarang?

5 Tips yang perlu diketahui sebelum agan keluar dari pekerjaan sekarang. Pertimbangkan beberapa dari tips ini, untuk membantu agan mempersiapkan dan mengembalikan kepercayaan diri agan, yang diperlukan sebelum keluar dari pekerjaan:

1. Menulis surat pengunduran diri
Ini adalah hal pertama yang perlu dilakukan sebelum keluar dari pekerjaan. Surat pengunduran diri biasanya sangat singkat dan tidak perlu menjelaskan kenapa agan meninggalkan perusahaan. Umumnya perusahaan punya peraturan yang berbeda tentang ini, dan agan harus mematuhinya, kecuali bos agan berkata lain hal. Biasanya surat pengunduran diri diberikan 2 atau 3 minggu sebelum mengundurkan diri.

2. Menyebarkan Informasi pengunduran diri
Jika agan ingin mengatakan kepada rekan kerja agan bahwa agan akan pergi, biasanya ia akan menerimanya. Namun, ini bukanlah suatu ide yang baik untuk mengatakan kepada rekan kerja sebelum agan menyerahkan surat pengunduran diri ke boss agan. Jika rumor mulai tersebar bahwa agan akan mengundurkan diri dan boss agan mendengarnya, agan akan tidak nampak baik di hadapan boss agan.

3. Lanjut Bekerja
Banyak pekerja pergi begitu saja saat mereka memutuskan akan berhenti dari pekerjaannya sekarang. Namun, percaya atau tidak, adalah sangat penting bahwa agan mendapatkan "surat rekomendasi" yang menunjukan tentang anda selama bekerja di perusahaan tersebut dan pastinya akan berguna untuk memuluskan mendapatkan pekerjaan di kemudian hari.

4. Mendapatkan Feedback
Dapatkan feedback yang baik saat agan meninggalkan perusahaan. Berdiskusilah dengan boss agan tentang apa yang perlu diperbaiki dari kekurangan agan selama ini dan kebaikan apa yang harus terus dipertahankan. Walaupun agan pergi karena agan tidak cocok dengan boss agan, tetaplah pertimbangkan untuk mendapatkan feedback. Walau itu negatif, ini akan membantu meradakan segala sesuatunya.

5. Tetaplah menjadi positive
Hal terpenting yang harus diingat adalah, agan harus tetap menjadi positive. agan harus selalu pergi dengan alasan yang baik karena agan tidak pernah tau kemungkinan yang terjadi, saat perusahaan agan sekarang dapat membantu kesulitan agan di kemudian hari. Percaya atau tidak, beberapa perusahaan lebih berkeinginan untuk merekrut kembali karyawan yang dulu telah mengundurkan diri.

Dengan berpikir hati-hati, keluar dari pekerjaan agan sekarang akan membuka karier yang besar dan lebih baik di kemudian hari. Ketidakpercayaan diri pasti ada di awal mula, tapi kemudian agan akan maju kedepan, dan agan akan bersyukur dengan hubungan "pertemanan" dengan perusahaan agan yang dulu.

0 komentar:

Posting Komentar