Pages

Senin, 20 Juni 2011

Cara mencari tempat kos yang nyaman

1. KEBERSIHAN
Ini unsur paling utama yang bikin kita betah di kos. Periksalah keadaan kebersian lorong kos, kamar mandi, kamar-kamar yang ditawarkan pemilik kos dan ruang-ruang yang nantinya kita gunakan. Enggak mau dong, tinggal di kos-kosan yang bau dan banyak sampah?

2. AIR BERSIH
Coba ke kamar mandi dan dapur calon tempat kos, lalu nyalakan kerannya. Apakah airnya lancar dan bersih? Ini penting banget karena tiap hari kita pasti pakai air buat mandi dan lain sebagainya.

3. LISTRIK
Berapa daya listrik di kamar yang akan kita tempati? Awalnya kita mencari tahu berapa daya listrik di rumah kos tersebut. Lalu dibagi dengan jumlah kamar di kos itu. Contoh, daya listrik kos 2200 watt dan di dalamnya ada sepuluh kamar. Berarti masing-masing kamar kebagian 220 watt. Ini cukup untuk menyalakan computer dan TV dalam kamar. Kalau kita pengen pasang AC juga, berarti daya listrik per kamar minimal 1300 watt.

4. AMAN?
Cara cari tahu faktor keamanan kos-kosan yang akan kita tempati bisa melalui penghuni kos yang sudah lama menetap disana. Tanyakan apakah pernah ada yang kemalingan di kos atau ada orang asing yang tiba-tiba menerobos masuk. Kita juga bisa tahu seberapa aman kos-kosan dari lingkungan sekitarnya. Akan lebih bagus bila kos itu terletak di sebuah kompleks yang ada satpamnya.

5. UKURAN KAMAR
Sebaiknya nih, pilihlah kamar yang enggak terlalu sempit. Minimal 3x3 meter lah. Soalnya kalau kekecilan kita juga bingung gimana mau bergerak? He he he. Belum lagi kalau ada teman yang datang buat belajar bareng. Waduh! Jangan jadikan kos sebagai penjara yang pengap ya!

6. FASILITAS
Selain kamar, apalagi yang disediakan pemilik kos? Apakah ada tempat tidur, lemari, meja? Keberadaan dapur dan alat masak juga penting buat diperhatikan. Bagaimana dengan ruang tamunya? Apakah enak buat nongkrong baren teman-teman?

7. SIRKULASI UDARA
Cek kamar yang mau kita pilih. Apakah sistem pertukaran udara memadai? Maksudnya ada jendela yang ukurannya sedang dan ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara. Lebih bagus lagi bila jendela menghadap keluar rumah supaya udara yang terserap lebih segar.

8. BIAYA
Nah kalau soal ini bepulang pada kantong masing-masing. Emang sih, semakin tinggi hara, semakin bagus pula fasilitasnya. Tapi, kalau soal kenyamanan, itu kita yang merasakan. Siapa tau ada harga kos yang mahal, tapi kesannya dingin dan tidak bersahabat? Pilih yang sesuai sama kita saja sih, gals. Terus perhatikan sistem pembayaran kos. Ada kos yang bayarannya perbulan, tapi ada juga yang bayarannya tiap semester.


Oh... Gitu Toh...

0 komentar:

Posting Komentar